KUNCI JAWABAN BUKU IPA KELAS 7 SEMESTER 2 HAL 167-168 (Uji Kompetensi)

Jawaban :

  1. Sususan tata surya adalah Matahari sebagai pusat tata surya, planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengelilingi Matahari.
  2. Karena Matahari memiliki gravitasi yang sangat besar dibanding planet lainnya, akibatnya planet-planet di Tata Surya bergerak mengelilingi Matahari berdasarkan orbit atau lintasannya masing-masing.
  3. Energi matahari dihasilkan dari inti matahari yang memiliki suhu 1,5 x 10⁷ derajat celsius.
  4. Planet luar adalah planet yang letaknya jauh dengan matahari, berukuran besar, dan memiliki banyak satelit. Sedangkan planet dalam adalah planet yang letaknya dekat dengan matahari, berukuran kecil, dan memiliki sedikit satelit atau tidak sama sekali.
  5. a. Meteoroid adalah potongan batu yang bergerak di luar angkasa.

b. Meteor adalah meteoroid yang habis terbakar oleh atmosfer bumi.

c.  Meteorit adalah meteoroid tidak habis terbakar oleh atmosfer bumi dan jatuh ke bumi

6. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut adalah :

– Revolusi bulan terhadap matahari

– Rotasi bumi pada sumbunya,

– Revolusi bumi terhadap matahari

7. 1/4 Revolusi Bumi = 366 x 1/4 = 91,5 kali

Revolusi dan Rotasi Bulan selama 1/4 Revolusi Bumi = 91,5 / 29,5 = 3,1 kali

Jadi, Ketika bumi menempuh seperempat lintasan revolusinya Bumi telah berotasi sebanyak 91,5 kali dan Bulan telah berevolusi dan berotasi sebanyak 3,1 kali.

8. Jenis gerhana yang terjad adalah Gerhana Bulan karena posisi Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Pada waktu seluruh bagian Bulan masuk dalam daerah Umbra Bumi, maka terjadi Gerhana Bulan total.

9. Karena orbit Bumi dan orbit Bulan tidak persis pada bidang yang sama tetapi membentuk sudut sekitar 5,14° sehingga menyebabkan gerhana matahari hanya terjadi pada waktu tertentu saja.

10. Pada saat gerhana matahari berlangsung langit disekitar akan berubah menjadi gelap, pada saat itu Pupil di lensa mata tak bisa bereaksi dengan tepat dalam kondisi level kontras yang tinggi, pupil mata justru melebar sehingga jumlah cahaya yang masuk dan terfokus di retina meningkat yang dapat menyebabkan kebutaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jika anda ingin tau lebih banyak lagi tentang soal-soal lainnya beserta pembahasannya atau anda butuh bantuan dalam pemecahan masalah soal-soal setiap mata pelajaran. Mari bergabung dengan kami di ESC Private. Lembaga privat terpercaya di Bandung, Cimahi, dan Jabodetabek yang merupakan teman belajar bagi anak.

Untuk Informasi lebih lengkap, hubungi kami melalui whatsapp/sms/tlp di 0878-8800-7284/0811-1890-600

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

– Admin –

Sumber :

https://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_7smp/siswa/Kelas_07_SMP_Ilmu_Pengetahuan_Alam_IPA_S2_Siswa_2017.pdf

https://www.kosingkat.id/2020/12/kunci-jawaban-ipa-kelas-7-halaman-167.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *