PEMBAHASAN SOAL-SOAL BIOLOGI SMA TENTANG TAKSONOMI, ANATOMI, FISIOLOGI, DAN ILMU BIOLOGI MOLEKULER

  1. Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan merupakan cabang ilmu Biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk . . .

A. mengembangkan industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal

B. menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan

C. mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia

D. memproduksi jenis makanan yang benilai gizi tinggi

E. mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit

JAWABAN : A

Penjelasan :

Jamu merupakan obat tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tidak semua tumbuhan dapat dibuat jamu. Oleh karena itu, dalam proses pembuatan jamu memanfaatkan cabang-cabang ilmu Biologi untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi jamu, di antaranya Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan. Dengan ilmu Taksonomi dapat diketahui jenis tumbuhan berdasarkan kelompoknya. Dengan ilmu Anatomi dapat diketahui struktur organ tumbuhan. Dengan ilmu Fisiologi dapat diketahui jenis-jenis zat yang terkandung di dalam organ tumbuhan sehingga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan jamu. Menemukan vaksin dan antibiotik melibatkan ilmu Biologi yang membahas tentang mikroorganisme yaitu Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, dan Mikologi. Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, Mikologi, dan Patologi. Memproduksi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Bioteknologi.

2. Perkembangan ilmu Biologi molekular di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi în vitro bermanfaat untuk….

A. pemenuhan pangan berupa protein

B. mencegah penularan penyakit

C. pembuatan biogas

D. menghasilkan antibiotik

E. membuat hewan tahan penyakit

JAWABAN : E

Penjelasan :

Pada teknik fertilisasi in vitro, pembuahan dilakukan pada suatu media sehingga dapat dihasilkan embrio di luar uterus atau kandungan induk betina dalam jumlah tertentu. Teknologi ini dapat digunakan untuk memproduksi hewan yang bersifat unggul dalam jumlah banyak. Sebagai contoh induk hewan jantan maupun betina yang memiliki sifat unggul tahan terhadap penyakit, diambil sperma dan ovumnya kemudian dilakukan fertilisasi in vitro. Embrio yang dihasilkan kemudian diimplantasikan ke dalam rahim hewan betina lain yang sejenis. Dengan demikian, dapat dihasilkan hewan yang tahan terhadap penyakit dalam jumlah banyak.

3. Perkembangan ilmu Biologi di bidang Anatomi dan Fisiologi dalam kedokteran dunia dapat digunakan untuk mengatasi penyembuhan berbagai penyakit pada manusia yaitu . . .

A. indikasi jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia atau hewan

B. pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati

C  Pengaturan pola makan bergizi menggunakan teknik rasio

D. rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan

E. penemuan vaksin dan antibiotik

JAWABAN : B

Penjelasan :

Anatomi merupakan cabang Biologi yang mempelajari susunan dalam (organ) tubuh makhluk hidup.  Sementara itu, Fisiologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari proses faal dalam tubuh makhluk hidup.  Kedua cabang ilmu Biologi tersebut diperlukan dalam dunia kedokteran yaitu dalam pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati.  Dalam mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia atau hewan dapat memanfaatkan cabang Biologi yaitu Mikrobiologi.  Pengaturan pola makan bergizi memanfaatkan cabang ilmu Biologi yaitu Biokimia.  Rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan memanfaatkan Virologi dan Bioteknologi.  Sementara itu, penemuan vaksin dan antibiotik memanfaatkan Mikrobiologi dan Bioteknologi.

4. Manfaat kemajuan perkembangan Bioteknologi untuk mengungkap kasus kejahatan di bawah ini adalah . . .

A. Informasi korban kejahatan melalui pemeriksaan golongan darah

B. visum tubuh korban untuk mengetahui jenis peluru yang ditembakkan

C. pemanfaatan anjing pelacak untuk menemukan narkotik yang diselundupkan

D. pemanfaatan anjing pelacak untuk mencari pelaku kasus pencurian

E. sidik DNA untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan

JAWABAN : E

Penjelasan :

Sidik DNA (DNA finger print) merupakan salah satu aplikasi dari Bioteknologi.  Bioteknologi itu sendiri berarti seperangkat teknik yang memanfaatkan organisme hidup atau bagian dari organisme hidup untuk menghasilkan atau memodifikasi produk.  Sidik DNA adalah teknik untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan profil DNA-nya.  Prosedur sidik DNA memiliki kesamaan dengan mencocokkan sidik jari dengan orang lain.  Perbedaannya adalah proses ini dilakukan tidak menggunakan sidik jari, tetapi menggunakan DNA individu karena DNA setiap individu berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jika anda ingin tau lebih banyak lagi tentang soal-soal lainnya beserta pembahasannya atau anda butuh bantuan dalam pemecahan masalah soal-soal setiap mata pelajaran. Mari bergabung dengan kami di ESC Private. Lembaga privat terpercaya di Bandung, Cimahi, dan Jabodetabek yang merupakan teman belajar bagi anak.

Untuk Informasi lebih lengkap, hubungi kami melalui whatsapp/sms/tlp di 0878-8800-7284/0811-1890-600.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Sumber :

Omegawati, W. H., Sukoco, T., dan Ningsih, D. C. (2013). Detik-Detik Ujian Nasional Biologi Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta : Intan Pariwara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *