PEMBAHASAN SOAL-SOAL BIOLOGI SMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN INVERTEBRATA

  1. Cacing pita termasuk dalam kelompok Cestoda. Cacing ini bersifat endoparasit dalam saluran pencernaan Vertebrata. Urutan dari fase-fase yang dialami cacing tersebut setelah dari telur adalah . . .

A. onkosfer – sisteserkus – cacing pita dewasa

B. sisteserkus – onkosfer – cacing pita dewasa

C. cacing pita muda – onkosfer – sisteserkus – cacing pita dewasa

D. sisteserkus – onkosfer – cacing pita muda – cacing pita dewasa

E. onkosfer – cacing pita muda – sisteserkus – cacing pita dewasa

JAWABAN : A

Penjelasan :

Proglotid yang masak akan terlepas dari inangnya bersama feses. Apabila termakan oleh babi, telurnya akan menetas dan keluar larva onkosfer. Larva ini akan menuju otot dan jaringan lain. Selanjutnya, berkembang menjadi sisteserkus. Apabila manusia memakan daging babi yang mengandung sisteserkus. Sisteserkus akan berkembang menjadi cacing dewasa di dalam usus manusia. Selanjutnya, daur cacing akan terulang kembali.

2. Perhatikan gambar daur hidup Coelenterata di bawah ini!

Fase reproduksi generatif pada kelompok hewan Coelenterata dilakukan oleh struktur nomor . . .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)  

JAWABAN : A

Penjelasan :

Gambar pada soal menunjukkan daur hidup Obelia. Pada siklus hidupnya, tubuh Obelia berbentuk polip dan medusa. Pada fase polip, Obelia hidup berkoloni dan melekat pada suatu tempat. Fase ini merupakan bentuk vegetatif. Pada Obelia terdapat dua jenis polip yaitu polip hidrant dan polip gonangium. Polip hidrant yaitu polip yang bertugas mengambil dan mencerna makanan. Polip gonangium yaitu polip yang bertugas melakukan perkembangbiakan aseksual dan menghasilkan Obelia dalam bentuk medusa. Pada fase medusa, Obelia hidup bebas dan soliter. Pada fase medusa merupakan bentuk generatif yang menghasilkan gamet. Medusa dewasa menghasilkan sperma dan ovum. Sperma akan membuahi ovum dan akan berkembang menjadi zigot. Zigot berkembang menjadi larva bersilia yang disebut planula. Planula kemudian menempel pada dasar laut dan tumbuh menjadi Obelia dewasa. Nomor (1) adalah medusa, nomor (2) adalah ovum yang telah dibuahi sperma, nomor (3) adalah zigot, nomor (4) adalah planula, dan nomor (5) adalah polip.

3. Hewan invertebrata yang perkembangbiakannya secara generatif adalah . . .

A. Faciola hepatika dan Obelia sp.

B. Obelia sp. dan Aurelia aurita

C. Taenia saginata dan Faciola hepatica

D. Taenia saginata dan Aurelia aurita

E. Taenia saginata dan Taenia solium

JAWABAN : C

Penjelasan :

Reproduksi generatif melalui fertilisasi antara sel kelamin jantan dan betina. Hasil fertilisasi ini berupa zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru yang memiliki sifat dari kedua induknya. Reproduksi secara generatif umumnya terjadi pada Invertebrata tingkat tinggi. Contoh reproduksi generatif yaitu pada cacing hati (Fasciola hepatica) dan cacing pita (Taenia saginata).

Daur hidup Fasciola hepatica hidup parasit di dalam saluran empedu atau dalam pembuluh darah hati manusia dan hewan ternak seperti sapi, babi, kerbau, dan domba. Daur hidup Fasciola hepatica sebagai berikut.

Telur → mirasidium → masuk ke tubuh Lymnaea (siput air tawar) → Sporokista → redia serkaria → keluar dari tubuh siput → metaserkaria → kista → masuk ke tubuh domba → cacing dewasa.

Daur hidup Taenia saginata dan Taenia solium sebagai berikut.

Telur → zigot (keluar bersama feses manusia) →  masuk tubuh sapi atau babi → larva onkosfer → menuju otot lurik → sisteserkus → masuk ke tubuh manusia jika  manusia tersebut makan daging yang kurang masak → cacing dewasa.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jika anda ingin tau lebih banyak lagi tentang soal-soal lainnya beserta pembahasannya atau anda butuh bantuan dalam pemecahan masalah soal-soal setiap mata pelajaran. Mari bergabung dengan kami di ESC Private. Lembaga privat terpercaya di Bandung, Cimahi, dan Jabodetabek yang merupakan teman belajar bagi anak.

Untuk Informasi lebih lengkap, hubungi kami melalui whatsapp/sms/tlp di 0878-8800-7284/0811-1890-600

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

– Admin –

Sumber :

Omegawati, W. H., Sukoco, T., dan Ningsih, D. C. (2013). Detik-Detik Ujian Nasional Biologi Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta : Intan Pariwara. Hal 14-16

http://dogleg.jw.lt/bio/un/02

https://brainly.co.id/tugas/2329005

http://mymistyland.blogspot.com/2013/04/siklus-hidup-taena-saginata-cacing-pita.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *