Bandung, ESC Private – Orang tua terutama Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak. Pernahkah kalian bertanya mengapa istilah “Madrasah Pertama” itu muncul? Itu karena orang tua baik Ibu atau Ayah memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan perilaku, akhlak, pendidikan, dan karakter bagi anak.

Bagaimana itu semua bisa terjadi? Di dalam lingkungan keluarga, kepribadian anak mulai terbentuk dengan menirukan tingkah laku orang tua dari segi bicara, sopan santun, dan disiplin. Mungkin cukup banyak orang tua di luar sana yang kurang memahami peranan penting ini. Orang tua seharusnya memperhatikan hal ini agar tujuan pendidikan bagi anak dapat terwujud. Tentunya hal itu semua harus dimulai sejak dini.

Mungkin banyak orang tua yang mampu memberikan semua kebutuhan materi, akan tetapi kebutuhan akan pendidikan tidak pernah terpenuhi. Anak dibiarkan saja tumbuh menjadi yang dia mau tanpa dibekali nilai-nilai atau norma-norma yang pasti. Terkadang hal inilah yang diabaikan oleh sebagian orang tua. Jika hal ini terus berlanjut, maka pertumbuhan dan perkembangan si buah hati akan hilang kendali, dan tak sedikit dari mereka yang keluar dari jalur yang semestinya. Contoh kasus seperti semakin marak penyalahgunaan narkoba oleh remaja, pergaulan bebas dan lain-lain.

Anda sebagai orang tua tentunya tidak mau bukan jika anak Anda terjerumus ke dalam “lubang hitam” yang berdampak kepada masa depan buah hati Anda? Maka dari itu mulailah berinteraksi lebih intens dengan anak Anda! Berinteraksi intens tidak berarti mengekang dan membatasi gerak anak ya. Akan tetapi cobalah menjadi sosok sahabat dalam hidup si buah hati. Ajak mereka berbicara, dan terbuka mengenai semua hal tentang kehidupan mereka. Belajarlah untuk mengetahui apa yang mereka sukai, selain itu akan memberikan wawasan bagi Anda sebagai orang tua, itu juga akan membuat obrolan dengan anak menjadi terkoneksi dengan baik. Dengan begitu, anak-anak akan merasa bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk berbagi cerita dan menemukan solusi-solusi tepat jika mereka dihadapkan pada sebuah masalah.

Tak hanya itu, dengan menemukan sosok orang tua yang menyenangkan dan mengerti mereka, maka itu akan menjadi stimulus bagi anak-anak untuk semangat belajar dan terus berprestasi. Sehingga mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang membanggakan dan bermanfaat bagi banyak orang. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua!

Sumber gambar: www.jamelakwon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *